Jumat, 02 April 2010

Yuks Kita Ubah Cara Kita Memikirkan Dakwah

Jembatan apa yang dibutuhkan, diantara cita-cita yang menjulang dan kemampuan yang pas-pasan?

Ada perasaan sia-sia yang menjalar perlahan di hati seorang dosen. Malam itu semua usahanya meyakinkan para mahasiswanya tentang keunggulan ekonomi Islam gugur berkeping-keping, hanya karena sebuah pertanyaan sederhana seorang mahasiswa.

Rasanya semua energi intelektualnya sudah dikerahkan. Enam belas kali pertemuan dalam satu semester. Menurut dosen yang juga aktivis itu, jumlah tersebut cukup guna membangun keyakinan kokoh di benak para mahasiswa tentang keunggulan sistem ekonomi Islam di atas semua sistem lainnya.

Ia meyakinkan mereka dengan membuat perbandingan ideologi dan sistem yang sangat rasional-objektif antara Islam dengan kapitalis dan komunis; perbandingan bisnis antara konsep bank tanpa riba dan bank konvensional; analisa komprehensif tentang kegagalan pembangunan di dunia Islam; syarat-syarat yang diperlukan demi meningkatkan kesejahteraan ummat dan memajukan perekonomian mereka.


Begitu seterusnya. Mahasiswa-mahasiswanya antusias. Sampai pertanyaan sederhana itu muncul. "Apakah ada sebuah negara yang telah menerapkan sistem ekonomi Islam, dan mencapai tingkat kemakmuran yang dijanjikan sistem itu seperti yang bapak ceritakan, sehingga kita dapat menjadikannya model pengembangan ekonomi bangsa kita ke depan?" tanya mahasiswa itu enteng, dan sedikit lugu.

Sederhana memang. Tapi itulah "lubang besar" yang menganga dalam cara kita mengkomunikasikan Islam kepada masyarakat. Sementara kita menjelaskan keunggulan ideologi dan sistem yang abstrak, mereka mengharapkan contoh aplikasi yang sukses dalam kehidupan nyata. Sementara kita membanggakan keunggulan di dunia maya spiritual, tapi mereka hanya terpesona kepada yang unggul di dunia empiris. Sementara kita menjelaskan kehebatan Islam di masa lalu, mereka menyaksikan keterpurukan kita saat ini. Sementara kita menjelaskan kebenaran-kebenaran Islam, mereka justeru menantikan kekuatan-kekuatan kaum Muslimin. Sementara kita menjelaskan teori, mereka memahami teori lebih baik melalui contoh kasus.

Cermin realitas

Kebanyakan orang belajar secara visual, tapi kita berkomunikasi secara abstrak. Ini hanya contoh kecil, sangat sederhana, tapi memadai untuk menjelaskan mengapa gerakan da’wah belum mampu menembus pusaran logika massa, apalagi melakukan penetrasi pada jaringan-jaringan pemikiran, sosial dan politik untuk kemudian mengubah, memobilisasi dan mengendalikan mereka.

Di tingkat opini publik, Islam dan gerakan da’wah dengan mudah "diisolasi" tanpa pembelaan spontanitas dari masyarakat. Masyarakat juga belum begitu percaya dengan kemampuan gerakan da’wah beserta para pemimpinnya untuk mengelola negara. Secara keseluruhannya, Islam dan gerakan da’wah belum memegang peran-peran kunci dalam pembentukan kesadaran publik. Padahal itu semua merupakan kondisi-kondisi pendahuluan yang mutlak ada dalam perjalanan kita menuju kekuasaan.

Rendahnya tingkat penerimaan publik dan kapasitas serta citra kita sebenarnya merupakan realitas-realitas yang berakar pada cara kita berpikir. Tidak ada realitas kita yang tidak berakar pada pikiran kita. Pikiran adalah cermin besar yang memantulkan seluruh potret realitas kita secara apa adanya. Pikiran adalah ruang kemungkinan (space of possibility), dan realitas adalah ruang tindakan yang telah jadi nyata (space of action). Seluruh realitas kita hanya bergerak pada ruang kemungkinan itu. Makin besar ruang kemungkinannya, makin besar ruang realitasnya. Bagaimana kita berpikir, begitulah kita akan bertindak.

Jadi jauh sebelum sebuah realitas tercipta di alam kenyataan, ia terlebih dulu tercipta di alam pikiran kita. Sebaliknya, apa yang tidak pernah kita pikirkan tidak akan pernah jadi realitas di masa mendatang. Maka realitas-realitas kita hari ini sesungguhnya merupakan buah dari benih-benih pikiran yang telah kita tanam bertahun-tahun yang lalu. Dan seterusnya. Realitas-realitas kita di masa mendatang adalah buah dari benih-benih pikiran yang kita tanam hari ini.

Konflik dengan penguasa, misalnya. Ini realitas yang mewarnai pola hubungan antara gerakan da’wah dengan penguasa selama ini. Realitas ini berakar pada persepsi gerakan da’wah tentang penguasa sebagai kumpulan para thaghut. Begitu persepsi ini menguasai pikiran kita, sense of war langsung menyalakan alarm perang ketika kita berhadapan dengan penguasa.

Misalnya lagi, fenomena esklusivitas para aktivis di tengah masyarakat. Fenomena ini berakar pada persepsi, bahwa masyarakat kita saat ini hidup dalam kubangan jahiliyah modern. Begitu seseorang berubah menjadi aktivis da’wah, segera saja ia merasakan superioritas spiritual dan moral, dan menemukan tembok pemisah antara dirinya dengan masyarakat.

Ambil contoh lain lagi. Dana. Keterbatasan dana adalah ironi besar yang membatasi ruang gerak da’wah kita. Uang adalah sarana pendukung yang tidak pernah mengisi atau bahkan tak punya tempat dalam ruang pikiran kita selama ini. Kalau toh kita memikirkannya, itu hanya sambil lalu. Pikiran kita selalu terfokus pada bagaimana mensiasati keterbatasan. Bukan pada bagaimana menciptakan kemelimpahan. Karena yang kita pikirkan adalah bagaimana mensiasati keterbatasan, maka selamanya keterbatasan menjadi realitas kita. Kemelimpahan tidak pernah jadi nyata, karena kita memang tidak memikirkannya.

Menggeser pusat perhatian

Sekarang sepakatlah kita, bahwa tindakan-tindakan kita muncul sebagai buah dari benih pikiran-pikiran kita. Realitas da’wah juga begitu. Pikiran-pikiran yang berkembang di lingkungan para du’aat lah yang menciptakannya. Jadi pikiran adalah pusat kekuatan yang mengendalikan tindakan-tindakan dan menciptakan realitas-realitas kita.

Jika sistem kendali tindakan dan realitas kita ada pada pikiran-pikiran kita, hanya ada satu jalan memperbaiki realitas-realitas kita, yaitu mengubah pikiran-pikiran kita. Sudah saatnya gerakan da’wah memikirkan kembali caranya berpikir, memikirkan kembali apa yang selama kita pikirkan dan mengapa kita memikirkannya serta mengapa kita memikirkannya dengan cara begitu.

Generasi pertama pertama para pemikir da’wah, seperti Al-Banna, Al-Maududi, Sayyid Quthub dan lainnya, memfokuskan perhatian pada pembangunan ideologi. Generasi kedua, seperti Muhammad Al-Gazali, Yusuf Al-Qardhawi, Fathi Yakan, dan lainnya memfokuskan perhatiannya pada pembangunan kerangka pemikiran pergerakan.

Ketika gerakan da’wah memasuki era keterbukaan, bermetamorfosis menjadi institusi terbuka, bermain di domain publik, memasuki pusat-pusat kekuasaan, persoalan terbesar kita adalah sumberdaya. Inilah persoalan yang dihadapi gerakan-gerakan da’wah di berbagai negara Islam seperti Sudan, Yaman, Aljazair, Turki, Mesir, Indonesia dan lainnya. Di semua kawasan ini gerakan da’wah mengalami persoalan tersebut secara fundamental: beban kerja yang muncul akibat perluasan wilayah aksi da’wah tidak seimbang dengan sumberdaya yang dimiliki gerakan-gerakan da’wah tersebut.

Animo besar masyarakat terhadap Islam akibat kegagalan pembangunan di akhir dekade 80-an memang pada mulanya menghasilkan kemenangan-kemenangan politik di awal 90-an, seperti FIS di Aljazair atau Refah di Turki. Tapi itu tidak lama. Situasi segera berubah. Tantangan-tantangan yang menghadang kita melampaui sumberdaya yang kita miliki.

Dengan menggunakan cermin realitas seperti diatas, persoalan sumberdaya ini muncul karena pusat perhatian pikiran kita belum bergeser dari tema besar generasi pertama dan generasi kedua para pemikir da’wah. Kita masih bicara ideologi dan belum bicara sumberdaya. Kita masih bicara sistem pemerintahan Islam dan belum bicara kompetensi kepemimpinan umat. Kita masih bicara slogan "Islam adalah solusi" dan belum bicara agenda aksi penyelesaian persoalan bangsa. Kita masih bicara kegagalan musuh, dan belum bicara kesuksesan-kesuksesan kita. Kita masih bicara ghazwul fikri, dan belum bicara strategi kebudayaan.

Kita masih bicara konspirasi asing, dan belum bicara sistem pertahanan da’wah. Kita masih bicara fiqhul ikhtilaf, dan belum bicara manajemen organisasi. Kita masih bicara sabar dalam mensiasati keterbatasan dana, dan belum bicara cara menciptakan kemelimpahan dana. Kita masih bicara apa yang kita inginkan, dan belum bicara sumberdaya yang diperlukan untuk mencapainya.

Selama pusat perhatian pikiran kita belum bergeser ke masalah penciptaan sumberdaya-sumberdaya, selama itu kita akan mengalami kemunduran dan keterpurukan. Ini hanya konsekuensi ketidakseimbangan antara beban dan daya pikul. Kita akan tampak tua dan lelah, berjalan tertatih-tatih memikul beban obsesi khilafah yang terasa semakin jauh.

Para pendiri dan ideolog gerakan da’wah telah meletakkan dasar-dasar ideologi yang kokoh bagi kebangkitan ummat. Mereka merampungkan tugas mereka dengan sempurna. Para pemikir pergerakan –berikutnya– juga telah membangun kerangka pemikiran pergerakan bagi pertumbuhan gerakan da’wah menuju kematangan. Mereka juga telah menunaikan tugas mereka dengan sempurna. Kini tiba saatnya bagi generasi ketiga -generasi kita– untuk membawa bendera, menunaikan tugas sejarah mereka: generasi pencipta sumberdaya. Biarlah di tangan mereka kebenaran menjadi nyata di muka bumi karena menyatu dengan kekuatan.

Wallahu’alam
oleh Anis Matta - Suara Hidayatullah



50.000 Inpirasi Desain Properti Berkwalitas Desain Properti
Panduan Lengkap Bisnis Properti Bisnis Properti
Jasa Aristek Lengkap Jasa Arsitek
Sistem Informasi Properti Sistem Informasi Properti

Kamis, 01 April 2010

Hidup = Perjuangan

HIdup ini adalah sebuah pilihan dan keputusan. Apa yang kita putuskan hari ini merupakan investasi yang memberi peran bagi masa depan kita di kemudian hari. Ada kalanya, seseorang tidak bisa memutuskan sesuatu hanya karena terlalu banyak pilihan yang harus ditetapkan dan keputusan pun akhirnya ditunda dalam beberapa waktu.
DIsatu pihak tidak dapat disangkal lagi bahwa hidup bukanlah seperti mata uang yang memiliki dua muka (black and white choice). Hidup justru memiliki dinamika dan warana yang membuat hidup lebih hidup. Kita harus melakukan sesuatu untuk terus maju tanpa ada kata mundur.
Seseorang harus berani tegas terhadap dirinya sendiri dan berani berkata tidak ketika dihadapkan pada pilihan-pilihan untuk mundur atau yang bakal menurunkan integritas pribadi dan harga dirinya.

Sejarah membuktikan bahwa orang yang berhasil dalam hidup adalah mereka yang memiliki sedikit kemungkinan (bahkan tidak ada) untuk mundur dari upaya yang sudah dijalankannya. Tidak mengehrankan jika Inggris bisa mengalami titik balik dan maju sebagai negara yang disegani hanya gara-gara semangat yang dikobarkan oleh Winston Churcil dg penuh keyakinan. Beliau menyampaikan pidato yang tersingkat di hadapan para almamater sekolahnya. Seperti biasa dia datang dg mantel, topi, tongkat, seta cangklong cerutunya. Setelah pembacaan riwayat hidup dan keberhasilannya pada perang dunia kedua, mulailah dia naik panggung dan berteriak dengan lantang "Jangan ... jangan ... jangan pernah menyerah!"
Sesudah berhenti sejenak, lalu churchil mengulangi lagi kata-kata terseb"gen" untuk sukses, namun sejarah membuktikan bahwa sebagian besar yang sukses adalah mereka bertekad untuk maju terus mengatasi rintangan-rintangan yang ada tanpa sedikitpun berpikir untuk mundur. Itulah sebabnya, jangan takut karena tekanan apapun, yang membuat kita berpikir untuk mundur atau berpikir ulang dalam mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Sesungguhnya. karena tekananlah yang mampu mengubah sebuah batu menjadi hitam dengan waktu ketekunan.
Apa masalah manusia hingga sulit untuk maju ?? Survei membuktikan bahwa penyebabnya sbb:
1. SUka menunda-nunda pekerjaan dan menunggu "hari baik" serta mood (suasana hati yang baik)
2. Keinginan yang kurang. Melakukan sesuatu harus dipecut atau di iming-imingi terlebih dahulu
3. Menunggu semuanya berjalan baik dan tersedia, baru mulai mengerjakannya.
4. membandingkan pekerjaannya sendiri dengan orang lain dengan muara pada apa yang dia dapat dari pekerjaannya tersebut.
5. Konsentrasi mudah pecah dalam perjalanan menuju tujuan yang sudah ditetapkan sehingga begitu mudah mengubah rute perjalanan untuk meraih sukses.
6. Tidak mengindahkan ajaran-ajaran orang tua.
Bagi orangtua adalah salah jika mendidik anaknya dengan memberikan terlalu banyak pilihan yang mengenakan. Anak akan dibentuk untuk mudah mendapatkan apa yang diinginkannya. Bahkan jika dia mundur/menyerah, dia tahu pasti orangtuanya tetap menopangnya.
itulah sebabnya orangtua yang bijaksana tidak akan terlalu banyak memberi pilihan kepada anaknya selama mereka dalam pola asuh d rumah. Mereka tidak hanya mendidik anaknya, namun juga akan menghukum jika anaknya melakukan pelanggaran.
DI rumah mungkin langit bisa selalu biru dan udara cerah, namun tidaklah demikian ketika mereka kelak merantau dan mandiri dluar rumah. Langit terkadang dipenuhi guntur dan badai. Sebuah pilihan yang sebenarnya sederhana harus dilakukan, mau menginvestasikan segala macam fasilitas dan memanjakan anaknya atau membangun karakter anak-anak mereka.
Demikian pula halnya dengan pemimpin. Mereka harus memberikan pilihan yang membangun karakter dan moral pengikutnya agar tujuan bersama tercapai. Bahkan, jika memungkinkan sang pemimpin tidak perlu memberi pilihan apapun kecuali satu pilihan dan tidak ada pilihan mundur.
Masih segar dalam ingatan, bagaimana caesar mampu merebut Pantai Britania, hanya karena keputusannya untuk maju tanpa pilihan mundur dengan cara membakar semua perahu. Pemimpin yang baik tidak mengharapkan pujian dan dukungan dari pengikutnya. Bahkan, mereka harus siap menuai kritik karena telah menerapkan aturan atau ajaran yang menegakan kebenaran dan keadilan.
"Tidak semua pilihan menyenangkan, namun yang menyenangkan adalah ketika kita bisa memilih dan memutuskan dengan tepat."

sumber : "fulfilling life"





50.000 Inpirasi Desain Properti Berkwalitas Desain Properti
Panduan Lengkap Bisnis Properti Bisnis Properti
Jasa Aristek Lengkap Jasa Arsitek
Sistem Informasi Properti Sistem Informasi Properti

Tags

2020 Kitchen Design Accesorios agency convention AJB ajb tanah belum bersertifikat ajb tanah girik ajb tanah hilang ajb tanah kavling ajb tanah palsu ajb tanah warisan akta anis matta Antique chairs designs. Antique mini sofa designs. apartemen ari wibowo Arquitectura arsitektur rumah minimalis Art chair furniture designs. artikel artistic furniture designs. arus kas aryo dipenogoro aryodiponegoro atap rumah minimalis Baby bed furniture designs. Baby Furniture bandung bank Baños Bathroom Accessories Bathroom Collections Bathrooms cabinets designs ideas. batu besar Bean Bag Beautiful chairs designs. Beautiful coffee Beautiful modern chairs designs. Beautiful modern sofa designs models. Beautiful modern sofa furniture designs. Beautiful modern unique stylish sofa furniture designs. Beautiful stylish modern latest sofa designs. Beautiful unique chairs designs. Bedroom Accessories Bedroom cupboard designs ideas. Bedroom Furniture bedroom furniture designs ideas. Bedroom interior designs. Bedrooms bedding set designs. Bedrooms cupboard cabinets designs ideas. Best Kitchen Design biaya rumah Bibliotecas bisnis bisnis developer bisnis konvensional bisnis kuliner bisnis online bisnis properti bob sadino bodoh bphtb btw carpets and furniture ideas. cat rumah catatan cerita hikmah Chair furniture designs ideas. Childern bedrooms furniture designs ideas. Children bedrooms furniture ideas. Children rooms furniture designs ideas. Classical furniture designs ideas. Classical sofa designs. Closets Cocinas Colores Comedores Comfortable chairs designs. competitiv strategy Computer table designs. conference table Conference Tables contemporary fireplaces Contemporary Kitchen Design contoh pagar minimalis Corner computer table designs. Corner furniture designs ideas. corner kitchen cabinet designs. Cuarto de Niños Cupboard designs. Cupboard furniture designs. custom fireplace custom fireplaces dakwah dana usaha dapur dapur gaya italia dapur minimalis Day Beds Decoración de Exteriores Decoración de interiores dekorasi dekorasi ruang tamu denah minimalis denah rumah denah rumah minimalis depok desain desain dapur minimalis desain interior desain interior kamar desain interior minimalis desain kamar mandi desain kamar minimalis desain kolam desain kolam renang desain minimalis desain pedesaan desain rumah desain rumah minimalis desain rumah sederhana desain taman minimalis desain tempat tidur desain unik developer Dining table chair furniture fantastic designs. Dining table chairs designs ideas. director desk director tables Diseño Doors and windows Dormitorios drawer designs. Drawer table designs. Drawing room cupboard designs ideas. Dressing table art designs. EI Ei properti class einvest eksterior rumah minimalis entrepreneur era informasi Escaleras Escritorios Espacios Espacios Pequeños Espejos Estanterías evaluasi diri Eventos Executive Tables Fantastic art chairs designs. fireplace fireplace design fireplace designs fireplace inserts Floors furniture chair sketch video. fyi galley kitchen design gambar gambar rumah gambar rumah kecil minimalis gambar rumah minimalis Garden benches designs. Garden furniture design ideas. Garden furniture designs ideas. Glass round tables dining tables designs ideas. Glass showcase designs. Glass table designs. Glass top dinning table designs ideas. Globos green kepayon Halloween Handi craft furniture design. heppy trenggono hikmah Home furniture designs ideas. hotdeal hukum Ideas Ideas y Tendencias ijin Iluminación imb impian Infantil integritas interior Interior carpet setting ideas. interior dapur interior dapur minimalis interior kamar mandi interior minimalis interior ruang tamu interior rumah interior rumah minimalis internet internet marketing investasi ippt ipr Iron stand furniture designs. istilah dalam email Italian Kitchen Design janji jaringan jin properti jual beli rumah kamar kamar anak kamar anak laki laki kamar anak perempuan kamar mandi kamar mandi minimalis kamar minimalis kamus properti karyawan kebahagiaan kekuatan kepemimpinan Kids Accessories Kids bedrooms furniture ideas. Kids chair furniture designs. Kids Furniture Kids modern bed designs. Kids palstics table chairs designs. Kids room furniture designs ideas. Kids sofa chair designs. Kids study table chairs designs. Kids table chairs designs ideas. Kitchen Accessories Kitchen collections kitchen design Kitchen Design Gallery kolam kolam minimalis kolam renang kolam renang minimalis komunikasi komunikasi efektif komunitas bisnis konsep diri KPR kreatif krisis global kumpulan gambar Lahan Latest kitchen cabinet designs. Latest LCD TV furniture designs ideas. Latest Modern sofa designs. Latest stylish modern bed designs. stylish bedrooms. LCD TV cabinet designs ideas. LCD TV cabinet designs. LCD TV cabinet furniture designs. LCD TV cabinets designs ideas. leader leadership learning Leather sofa chair designs. legalitas Lighting Living room Accessories Living room Collections Luxury sofa designs ideas. luxury sofa designs. mahasiswa manajemen manajemen resiko manusia marketing marketing perumahan bandung marketing perumahan bekasi marketing perumahan bogor marketing perumahan freelance marketing perumahan jakarta marketing perumahan semarang masalah masterseo MC membeli rumah bekas membeli rumah bekas dengan kpr membeli rumah dengan kpr membeli rumah dengan sedekah membeli rumah tanpa kpr membeli rumah tanpa modal membeli rumah tanpa riba Mesas millioners club mimpi minimalist kitchen design misi modal model rumah minimalis Modern Antique chair furniture designs ideas. Modern bathrooms cabinets designs. Modern beautiful colourful sofa designs. Modern beautiful white sofa designs. Modern bed designs latest 2012. Modern bedroom furniture designs ideas. Modern bedrooms cupboard designs ideas. Modern carpet designs ideas. Modern coffee table designs ideas. Modern coloured chairs designs. Modern colourful stylish chairs best designs ideas. Modern comfortable bed designs ideas. Modern corner sofa designs. Modern cupboard designs. Modern dining furniture designs glass tables designs ideas. Modern Dinning table chairs designs. Modern dinning tables designs ideas. Modern dinning tables designs. Modern Dressing table designs. Modern dressing table furniture designs. modern fireplace modern fireplaces Modern furniture ideas wonderful video. Modern glass table designs ideas. Modern glass table designs. Modern house furniture designs ideas. Modern interior furniture designs ideas. Modern kids rooms furniture ideas. Modern kitchen cabinet designs. Modern kitchen cabinets beautiful designs. Modern kitchen cabinets designs ideas. Modern kitchen cabinets designs latest. Modern kitchen cabinets designs. Modern kitchen cabinets furniture designs. Modern latest best sofa designs 2012. Modern latest sofa designs 2012. Modern LCD TV wooden furniture designs. Modern leather sofa italian designs. Modern living room furniture cabinet designs. Modern living room furniture designs ideas. Modern living rooms sofa designs. Modern luxury bathrooms designs. Modern Mirror designs ideas. Modern Office chair designs. Modern Office Furniture Modern office table chair furniture designs. Modern outdoor furniture designs ideas. Modern plastic chair designs. Modern relax chairs designs. Modern rooms LCD TV cabinets furnitures designs ideas. Modern round chairs designs. Modern round dining table designs. Modern small sofa designs ideas. Modern sofa chair designs. Modern Sofa chair furniture designs. Modern sofa chairs designs ideas. Modern sofa chairs designs. Modern sofa colourful printed fabric sofa designs. Modern sofa designs ideas. Modern sofa designs pictures. Modern sofa designs sitting room decoration ideas. Modern sofa designs. Modern sofa New designs. Modern sofa set designs. Modern sofa sets designs. Modern solid wood kitchen cabiets designs photos. Modern stylish chairs designs ideas. Modern stylish chairs designs. Modern stylish sofa chairs designs. Modern table designs. Modern Unique bed designs ideas. Modern Unique Side tables designs ideas. Modern white sofa designs. Modern wonderful chairs designs. Modern wooden bed designs. Modern wooden leather sofa designs. modular furniture modular office furniture Modular Partition System modular partition systems motivasi Muebles Murales negosiasi tanah nilai tambah Niñas NJOP Office cabinets office desk office desks Office Directors Table office furniture office furniture Delhi Office furniture designs. Office Furniture India Office Furniture Manufacturer Office revolving chairs designs. Office table designs ideas. Oficinas online oot Open Kitchen Design orang pintar organisasi Out door furniture table chair designs. outbond Outdoor furniture designs ideas. Outdoor sofa furniture designs. pagar minimalis Painted furniture table pajak Pakistani beautiful sofa designs. Paredes passive income Pegatinas pelatihan pemasaran pemimpin pengaruh pengembangan diri pengusaha pensiun dini perencanaan perencanaan keuangan perizinan perjuangan personality pertarungan perubahan positif perumahan perumahan depok Piscinas Pisos PKP Plantas Plastic furniture designs. ppm prefab fireplace prioritas produk profil Profile properti properti university property prospek prudential PU quick count RAB rajaselimut ramadhan renovasi renungan republik property resign Restaurant Kitchen Design Revolving chairs designs. Ropa de Cama Round table furniture designs. ruang tamu ruang tamu minimalis ruang tamu minimalis modern rumah rumah 2 lantai rumah 2012 rumah artis rumah depok rumah dijual rumah eropa rumah idaman sederhana rumah impian rumah mewah rumah minimalis rumah minimalis 2012 rumah minimalis modern rumah minimalis terbaru rumah modern minimalis Salas Salas de estar Salas de Niños sales School table chair designs. sekolah bisnis Sem institute SEO sertifikat shm SID PRO Side table designs. sikap Single sofa designs. sistem sistem ekonomi islam sistem informasi developer sitting stool furniture designs ideas. Small Apartment Kitchen Design Small Galley Kitchen Design Small Kitchen Design Ideas Small Modern Kitchen Design Small Square Kitchen Design smart Sofa chair designs. sofa cushion designs. Solid wood cupboard furniture designs. Solid wood sofa design Solid wood sofa designs. SPT Steel furniture chairs designs. Steel metal sofa designs. Study furniture designs. succes story surat tanah survival games Table chairs designs. Table lamps designs. taman belakang taman minimalis taman rumah minimalis tanah tanah ajb ke sertifikat tanah ajb ke shm tanah kavling tda tda depok tea tables designs ideas. team tempat tidur tips desain rumah tips rumah minimalis toko online townhouse traditional fireplace training ukm Ultra modern bed designs. unik Unique chair design. Unique dininig chairs designs. Unique latest chairs designs. unitlink usaha velvet chairs designs. Velvet sofa designs. vent-free fireplace ventless fireplace ventless fireplaces virus entrepreneur visi warna rumah website Wedding dining chairs covers designs ideas. Wedding sitting sofa designs. wirausaha Wooden bedroom furniture designs. Wooden cabinets Home Wood works furniture designs ideas. Wooden chairs furniture designs. Wooden dressing table designs. Wooden dressing tables designs. Wooden kitchen furniture designs ideas. Wooden table chair designs. Wooden table designs. workshop Workstations Wrought iron bed furniture designs. Wrought iron chairs designs. Wrought iron furniture designs ideas. Wrought iron table chairs designs ideas. ybp yukbisnisproperti

Cara Mudah Punya Rumah

Yuk Ikut Belajar Langkah Mudah Punya Rumah

Nama Depan :

Alamat Email :




SID-Properti.Com

SISTEM INFORMASI PEMASARAN DEVELOPER PROPERTI
Apa guna SID PRO V1 ini? Adalah Sistem informasi
pemasaran yang memudahkan Anda untuk membuat Laporan Pemasaran hanya dengan 1 klik saja berupa ?

1. Database Konsumen
2. Omzet Penjualan
3. Total Piutang
4. Piutang Per Konsumen
5. Monitoring Piutang Konsumen

Bonus Surat2 Berikut? :
Super Mega bonus : Ebook Dasar Bisnis Developer Properti
01 Puluhan Contoh desain Rumah tampak depan
02 Contoh Surat Perjanjian dgn Pemilik Tanah
03 Contoh Surat Perjanjian dgn Investor / pemodal
04 Contoh Surat Perjanjian Kerjasama
05 Contoh Proposal Investor / Pemodal
06 Contoh Kelengkapan Untuk KPR INDEN
07 Contoh Surat Angsuran BTN
08 Contoh Surat Kontrak Kerja Staf Penjualan
09 Contoh Surat Perjanjian Pemborongan / kontraktor
10 Contoh Surat Kuasa Jual
11 Contoh Surat Perjanjian Hutang Piutang
12 Surat Perjanjian Kavling
13 Surat Perjanjian Perikatan Jual Beli (PPJB)
segera meluncur kesini : http://sid-properti.com